Cara Mempercepat Kinerja dari Windows 10

Cara Mempercepat Kinerja dari Windows 10 -Windows 10 merupakan versi terbaru dari sistem operasi windows, sebelumnya tentunya windows 8. Dengan tampilan yang baru, berbeda dengan versi sebelumnnya serta fitur baru dan banyaknya kelebihan dari windows 10 membuat sistem operasi yang satu ini cukup populer dan mampu menarik pengguna sistem operasi windows sebelumnya seperti windows 7, 8, 8.1 untuk melakukan upgrade gratis ke windows 10.

Akan tetapi yang namanya sebuah sistem operasi sebaik apapun lama-kelamaan akan mela
mbat kinerjanya hal ini karena banyak faktor, semisal karena beban program aplikasi yang tidak penting, banyak file sampah yang menumpuk, virus, disk yang berandakan, dll. Hal ini bisa dibuktikan ketika anda instal ulang pc anda maka terasa smooth dan ringan saat digunakan berbeda saat sudah lama, tentuya tidak mungkin juga kalau komputer anda lemot langsung instal ulang kan, hehehe itu hanya akan buang-buang waktu anda. Anda sebagai brainwarenya tentunya harus pintar dalam mengoptimalkan kinerja komputer anda yang menggunakan sistem operasi windows 10, berikut cara yang bisa anda coba untuk mempercepat kinerja dari windows 10.

Hentikan Program Tidak Penting Yang Memakan Banyak Resource CPU, RAM, dan DISK di Task Manager.

Untuk sebuah komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan, maka kita sebagai pengguna harus pintar-pintar dalam memanage komputer anda agar tidak lemot, banyak program tidak penting tapi tetap berjalan. Kalau PC anda core i7 generasi ke 6, pakai ssd, ram 16 giga keatas maka gak perlu melakukan ini, hehehe.
Cara membuka task manager adalah dengan mengklik kanan pada taskbar lalu pilih task manager.

atau bisa dengan cara cepatnya menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Kalau yang keluar cuma kecil seperti ini silakan klik more detail.

Silakan klik tab menu CPU / MEMORI atau DISK disini akan diurutkan program aplikasi sesuai resource yang digunakan bisa banyak ke kecil begitu pula sebaliknnya.
Saya mengklik yang memori, bila ada panah kecil kebawah berarti penggunaan memori dari yang paling banyak ke sedikit.

Silakan dipilih aplikasi yang mana tidak terlalu penting lalu silakan di End task untuk menghentikan proses aplikasi tersebut agar tidak membebani komputer anda.

Mempercepat Booting dengan Mendisable Aplikasi Tidak Penting di Startup Program

Startup program adalah program yang aktif bersamaan saat windows melakukan start, program startup ini tentunya mengambil sumber daya komputer seperti cpu, memori, dan disk. Pengambilan resource komputer untuk program startup ini bersamaan dengan proses windows melakukan loading (startup).
Seperti yang kita ketahui saat menyalakan komputer maka komputer perlu banyak resource cpu, memori, dan disk yang banyak untuk bisa mengakses sistem operasi, jadi program startup yang terlalu banyak yang tidak penting sangat menganggu proses startup komputer anda, jadi lama gitu dari anda menekan tombol power untuk menyalakan komputer sampai masuk ke windowsnya.
Untuk windows 10 startup program bisa dilihat pada task manager lalu klik tab startup, maka akan keluar program startupnya.
 
Ada keterangan startup impact, bila tidak penting lebih baik didisable saja.
Lanjutan Bisa untuk mempercepat proses booting atau startup komputer anda. Tekan tombol Win + R ketikan msconfig lalu enter.

Centang No GUI Boot, agar saat booting mengunakan gui sehingga proses booting lebih cepat karena mengurangi resource yang terpakai komputer. Selanjutnya klik Advanced Option.

Centang number of processor, pilih angka maksimal core dari komputer yang digunakan untuk boot. Lalu kalau sudah silakan di Ok-Ok.

Mengurangi Visual Efek yang Tidak Perlu

Banyak efek-efek pada windows 10 yang mungkin lebih baik dinonaktikan karena dapat memperlambat komputer anda karena juga memakan resource komputer anda. Buka This PC >> Klik Kanan >> Properties >> Advanced System Settings, pada bagian kotak yang atas sendiri Perfomance, Setting.
 
Cukup centang 2 saja, seperti gambar dibawah ini. Yang atas dicentang agar gambar di komputer anda tetap keluar thumbnailnya, sedangkan yang bawah agar font tulisan komputer anda tetap enak dipandang. Sisannya saya rasa tidak penting.

Jangan lupa di OK.

Fokuskan Processor Pada Program dan Tambah Virtual Memori 

Menfokuskan sumber daya processor untuk program aplikasi yang berjalan, diset untuk performa terbaik dibandingkan background services.
Caranya hampir sama dengan mengurangi visual efek cuma tinggal pindah tab sebelahnya yaitu Advanced.

Pilih Programs pada bagian Adjust for best performance of.
Sedangkan untuk menambah virtual memori klik tombol change yang berada dibawahnya. Perlu diketahui sebenarnya secara default windows sudah menetapkan besarnya virtual memori itu sendiri (otomatis), akan tetapi karena dirasa kurang anda bisa menambahkannya sendiri. Virtual memori ini berguna sebagai memori tambah yang berasalah dari free space pada hardisk yang berguna untuk menunjang atau meningkat komputer ketika membuka sebuah aplikasi. Virtual memori ini akan digunakan secara otomatis oleh windows jika memori fisik (ram) sudah habis. Kalau kebutuhan komputer untuk hal yang berat-berat seperti editing video, main game maka virtual memori ini harus ditambah akan dirasa kurang jika hanya default dari sanannya.

Hilangkan centang pada automatically manage paging file agar anda bisa menset banyaknya virtual memori komputer anda, pilih disk yang yang digunakan virtual memori, pilih custom silakan isi sendiri. Initial itu awal atau minimunnya, maximun tentunya maksimalnnya, lalu kalau sudah klik Set dan Ok untuk menyimpan perubahan.

Memperingan Browser dengan Menghapus Extension Tidak Penting 

Sebagai pengguna internet maka browser sangat penting perannya, tidak mungkin kita mengakses internet tanpa adanya browser bukan. Akan tetapi browser yang kita gunakan selama ini bisa saja memperlambat komputer anda, bikin lag karena banyak extension yang tidak penting. Lebih baik diremove, karena extension ini tentunya memakan resource komputer anda juga bukan ?


Scan Anti Virus Komputer Anda

Scan komputer anda dengan antivirus secara rutin agar anda bisa mengetahui komputer anda aman tidak dari yang namannya virus, malware dan adware yang selain bisa merusak komputer juga memperlambat komputer anda.
Untuk pengguna windows 10 saya rekomendasikan menggunakan windows defender saja, ini sudah cukup ampuh mendeteksi dan membunuh virus, malware, dan adware komputer anda.


Disk Terlalu Penuh, Bersihkan File Sampah

Disk penyimpanan yang semakin penuh ini tentunya akan membuat komputer anda melambat, maka dari itu anda harus secara rutin membersihkan file sampah pada komputer anda. Cukup gunakan tools bawaan windows seperti Disk Cleanup.

Caranya bisa melalui This PC >> pilih local disk yang mau dibersihkan file sampah, misal Local Disk C >> Klik Kanan >> Properties >> Disk Clean Up >> Tunggu >> Centang Semua Lalu Ok untuk menghapus file sampah.
Untuk pembersihan tingkat lanjut pada bisa klik tombol Clean up system file untuk membersihkan file sampah pada sistem

Mendefragment Hardisk

Menguninstal aplikasi, menginstal aplikasi, mengahus file, menambah file, memindahkan file, serta berbagai aktifitas yang berhubungan dengan manajemen file ini lah yang menyebabkan disk komputer kita berantakan, ketika sudah berantakan tentunya ketika kita membuka sebuah aplikasi maka akan lama dalam mengaksesnya harus mencari-cari filenya terlebih dahulu bukan, maka dari itu inilah fungsi dari defragment hardisk yaitu menata kembali disk komputer kita agar lebih cepat dalam pengaksesannya, akan diurutkan bedasarkan kepentingan file tersebut. Gunakan defragment tools bawaan windows saja sudah cukup.

Gambar diatas untuk pengguna SSD jadi tidak perlu didefrag hanya ada optimize untuk mengoptimalkan SSD maaf saya tidak bisa memberikan contoh yang hardisk karena saya sendiri pengguna SSD.

Uninstal Program Yang Tidak Penting dan Jarang di Gunakan

Saya saran anda bersih-bersih program-program yang dirasa sudah tidak penting lagi, ataupun jarang digunakan karena selain menuh-menuh disk juga bisa lemot komputer anda.
Masuk ke control panel >> program >> uninstal a program.
 

Gunakan Aplikasi Tambahan Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10

Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mempercepat kinerja dari windows 10, seperti CCleaner yang bisa digunakan untuk memberikan file yang tidak dipakai/temporary file, registry yang tidak terpakai dan juga mencari file yang sama atau duplikat dalam disk komputer kita.
 ataupun bisa juga menggunakan yang lebih keren seperti Advanced System Care dari Iobit.

Terakhir

Melakukan perawatan rutin pada komputer anda kalau komputer desktop ya dibersihkan tiap berapa bulan sekali biar bersih, gak kotor, jadi komputer gak cepet panas. Dibersihkan dari debu-debu dan bila perlu processornya diberi thermal paste biar komputer tetap adem.
Berdasarkan pengalaman pribadi kalau komputer panas bawaannya ngelag, saya sendiri ngalamin pas main pes biasanya lancar saja tiba-tiba lag saya cek suhunya digame booster processornya bersuhu tinggi ternyata, lalu saya bersih-bersih saya beri thermal paste kembali normal.
Itu dia cara mempercepat kinerja dari windows 10, tutorial ini sebenarnya universal bisa anda coba juga untuk windows 7, 8, dan 8.1. Ingat tutorial ini cara mempercepat kinjera dari windows 10 (mengoptimalkan komputer anda) tapi tetap saja kalau masih lag itu berarti masalah hardware anda minta di upgrade yang lebih baik :D semoga bermanfaat.

Berikan Komentar:

Read more!