Skip to main content

Cara Mengatasi Google Analytics Error: Analytics Has Encountered an Unexpected Condition and Cannot Fulfill

Masarif.id - Oke pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan tool analitik buatan google yap benar sekali, apa lagi kalau bukan Google Analytics.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk memasang pelacak atau tracking code pada blog saya ini, karena blog ini juga terbilang masih baru sehingga wajib bagi saya untuk memasang script analytics pada blog baru ini.

Akan tetapi masalah pun mulai muncul, tidak seperti biasanya, ketika saya ingin mengambil global site tag atau gtag.js nya, ternyata ada peringatan error yang baru kali ini saya menemuinnya.

Muncul peringatan error seperti ini Internal error. Please try again later. Analytics has encountered an unexpected condition and cannot fulfill your request. itu dalam bahasa Inggrisnya.

Kalau dalam bahasa Indonesia jadinya seperti ini Kesalahan internal. Coba lagi nanti. Analytics mengalami kondisi yang tidak terduga dan tidak dapat memenuhi permintaan Anda. Nah bingung kan saya jadinya.

Kok jadi muncul peringatan error seperti itu, ada masalah apa ini? Saya coba-cobalah untuk me-refresh halaman itu lagi, berharap bisa kembali normal eh.. ternyata sama saja.

Peringatan error pun masih tetep muncul dan ini pun terjadi juga pada sub-menu lainnya pada menu info pelacakan/tracking code, seperti misalnya ketika saya mencoba untuk membuka sub-menu user-id, peringatan error pun sama juga muncul disitu.

Sempat berfikir dan menyimpulkan wah ada yang tidak beres nih, kemungkinan google analytics memang sedang error untuk diakses. Tapi kalau benar error kenapa cuma dibeberapa menu atau sub-menu saja? Sedangkan menu-menu lainnya normal-normal aja tuh ketika dibuka.

Akhirnya saya putuskan untuk berhenti dan menunggu beberapa hari kemudian untuk membukanya kembali

Setelah kurang lebih 1 minggu kemudian, saya coba buka kembali google analytics saya lalu pergi ke menu tracking code, ternyata masih tetap juga error.

Karena sangking pusingnya, saya cobalah browsing kesana kemari eh ternyata ada juga yang mengalami masalah serupa dengan yang saya alami, dengan memasukkan kata kunci berupa peringatan error yang muncul, membawa saya ke beberapa forum yang membahas hal serupa seperti yang saya alami, namun kebanyakan berasal dari situs/forum-forum luar negeri.

Tapi apa yang saya dapat, ya tepat sekali, sebuah jawaban akan masalah yang selama ini saya tidak tau bagaimana cara mengatasinya. Dan yang membuat saya heran, problem atau inti masalah munculnya error tersebut sebenarnya sangat-sangatlah simpel sekali.

Problem Munculnya Error Google Analytics

Dan ternyata, problem ini muncul dari addons pemblokir iklan yang selama ini saya install pada browser chrome milik saya. Ya, memang belum lama ini saya telah memasang adonss Adblock Plus atau ABP pada browser chrome saya.

Apa tujuannya, ya tidak lain dan tidak bukan untuk memblokir setiap iklan yang tampil baik itu di web orang lain, youtube, atau blog saya sendiri ketika preview membuat postingan.

Nah ternyata selama ini, adblock ini memblokir tampilan pada halaman tracking code google analytics saya, sehingga kode javascript dan tracking id nya menjadi tidak muncul karena dianggap adblock sebuah iklan yang harus diblokir, sehingga itulah yang terjadi, error pun muncul.

Cara Mengatasi Error Google Analytics

Nah lalu gimana dong cara mengatasinya? Tentu mudah sekali sob, kita hanya perlu menonaktifkan adonss pemblokir iklan yang terinstall pada browser sobat masing-masing.

Setelah adblock dinonaktifkan silakan refresh kembali halaman google analytics yang sobat buka. Nah gimana sekarang? sudah normal kembali kan?

Nah itulah tadi trik dan cara saya mengatasi error google analytics, silakan praktekkan cara ini jika problem yang sobat alami sama seperti apa yang telah saya jelaskan diatas.

Dan jika ada pertanyaan atau sesuatu yang belum paham bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Newest Post
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar